Saling bahu-membahu mewujudkan desa adat yang inovatif, kreatif tanpa batas dengan seni dan budaya yang ada di Bali.
Catatan Desa Adat Semate dalam sejarah Pulau Dewata.

Desa Adat Semate

Jika anda berkeinginan untuk berkunjung ke desa kami, keberadaan posisi desa kami tepatnya berlokasi di Kelurahan Abianbase Kecamatan Mengwi Mangupura - Badung Bali dengan batas - batas :
  • Di sebelah utara Desa Adat Kapal.
  • Di sebelah timur Desa Adat Lukluk.
  • Di sebelah selatan Desa Adat Abianbase.
  • Di sebelah barat Desa Adat Kapal.
Tentang desa kami, Desa Adat Semate merupakan sebuah desa tua dan kecil di Bali yang hanya terdiri dari satu banjar adat saja, dimana bendesa adat sebagai ketua kami, sekaligus wakil dari krama desa adat Semate dalam urusan external.
Saling menghormati sesama krama, antar umat beragama dan menghargai setiap perbedaan warna merupakan ciri khas desa kami.
Dan berlandaskan atas paruman dan awig - awig desa, melestarikan dan mewarisi keasrian leluhur, adat dan budaya secara turun temurun juga merupakan dambaan dari warga desa adat kami.
Disebutkan dalam Raja Purana, dahulu Semate adalah sebuah hutan kayu putih yang telah didiami oleh sanak keturunan Mpu Gnijaya,
dan oleh karena daerah ini sangat angker, atas saran Mpu Bantas pada tahun 1474 masehi sebuah pura dengan nama kahyangan putih semate dan pura desa semate dibangun.
Sebagai sebuah desa adat yang hanya memiliki sekitar 66 kk, saat ini kami telah memiliki Pura Kahyangan Tiga sebagaimana dicetuskan dalam kesepakatan bersama seluruh sekte - sekte Bali di Pura Samuan Tiga yang dipimpin oleh Mpu Kuturan.

Selain itu kami juga memiliki pura lainnya seperti pura - pura pepeletan, pura kawitan/panti, Pura Dalem Beraban, Pura Kecet dll sebagai kelengkapan dari sebuah desa yang telah berlandaskan Tri Hita Karana atas dasar konsep dinamika hidup yang disebutkan dalam ajaran Tri Kona yang dapat menciptakan suasana hidup yang lebih dinamis, harmonis dan produktif dalam arti spiritual dan material secara berkesinambungan.

Halaman Web Desa Adat Semate, Berbagi Informasi ® Bali 2017. Explore Its Sacred Vibration